08/04/12

poelang kampoeng

keberangkatan gue ke kota solo, kota dimana gue tumbuh menjadi anak alay, bukan dalam rangka liburan.
gue mau jenguk nenek gue yang lagi sakit...
beliau yang udah merawat gue sedari kecil, kurang lebih udah 10 tahun gue hidup bersama nenek. jadi kalo gue sampe ga ngejenguk gue bakal jadi cucu yang durhaka...gue ga mau kejadian malin kundang terulang lagi.
perjalanan gue di mulai saat naik bus DAMRI jurusan jakarta - solo.
gue udah lama banget ga ngerasain pulang kampung naik bus.
sedari dulu kalo gue pulang kampung, atau pas lagi liburan ke jakarta gue selalu naik bus DAMRI, ada yang bikin gue heran, dari dulu sampe sekarang gue selalu ketemu kernek yang sama ...bapak2 dengan logat jawa yang kental yang kalo jalan agak sedikit pincang.
pukul 21.00 waktu terminal kemayoran, bus yang gue tumpangin mulai melaju, di dalem bus sepi banget cuma ada gue dan nyokap, 2 mas mas jamet, beberapa emak emak kolot, dan ada mbak mbak berotot yang duduk di bangku paling belakang.
baru sebentar gue di dalem bus, perut gue udah ngerasa mual. ga betah.
mungkin kalo gue bawa tidur mualnya bisa hilang, mungkin karna mendengar lagu2 kenangan yang di stel di bus lama kelamaan gue jadi terlelap.

jam 22.00 bus berhenti dan gue mulai terbangun.
kok busnya berhenti.." tanya gue dalam hati "
jangan2 busnya dibajak sama teroris lagi, ternyata perkiraan gue salah. setelah gue ketahui ternyata gue dan penumpang yang lainnya bakal di oper ke bus yang lain lantaran bus DAMRI yang gue tumpangin terlalu sedikit penumpangnya.
gue mulai gondok disini...
kegondokan gue bertambah setelah gue liat keadaan sekitar, ternyata sedari tadi gue baru sampe pintu masuk tol cawang...ANJROTTTT...kalo kaya gini terus kapan nyampenya...
singkat cerita, setelah gue dan penumpang yang lainnya di oper ke bus yang lain. waktu itu kami di oper ke bus SAFARI. di sini gue mulai berdesak desakan dengan penumpang yang lainnya, bikin perut gue kembali mual.
gue clingak clinguk mengumbar pandangan keseluruh sudut dalam bus. lirik kanan-kiri-atas-bawah-depan-belakang. berharap ada cewek manis yang ikut terdampar di bus nista ini.
pandangan gue terhenti di detik 5, setelah gue sadari penumpangnya ga jauh berbeda sama penumpang yang sebelumnya.
oiya, gue inget...masaoloh, gue liat di bangku depan gue ada penumpang yang bikin gue geli, gue liat sepasang kekasih yang mudik pake coeple T-shirt...ih norak banget sih.

setelah cewek manis yang gue cari ga ketemu, dan perjalanan gue juga masih panjang, di bus gue cuma bisa molor sambil berdo'a semoga gue dan nyokap sampe tujuan dengan selamat.
setelah kurang lebih 13 jam berada di bus nista ini dan melalui siksaan yang maha dahsyat. gue turun di pasar ampel...HUAAAAHHHH.... lega banget rasa bisa menghirup udara segar.
perjalanan dan penderitaan gue berlanjut dengan menaiki mini bus menuju terminal simo, keadaan mini bus yang mirip sama metro mini yang abis nabrak kontener ini. bener2 bikin gue pengen ngeluarin apa yang ada dalam perut...ditambah jalan yang penuh lobang bikin penderitaan gue jadi sempurnaaaa....
sesampainya di terminal simo, dan turun dari mini bus biadab nan nista pandangan gue mulai kabur, otak gue melayang layang gue mulai sempoyongan dan HUOOOOOOKKK......HUOOOOKKKK.....
akhirnya gue muntah juga, gimana enggak, gue aja naik komedi puter aja mabok apalagi ini.
setelah bermabok mabok ria dan minum segelas teh anget, gue mulai ngelanjutin perjalanan dengan naik ojek.
diperjalanan gue mulai bernostalgila, ga ada yang berubah, semuanya masih sama, semenjak 5 tahun yang lalu gue pindah ke ibu kota.
akhirnya gue sampai tujuan juga, gue disambut sama sanak saudara yang udah pada ngumpul, gue seneng banget bisa balik lagi kesini.
beberapa hari di kota solo waktu cuma gue abisin buat ngerawat nenek. gue bener2 ga nyangka nenek gue yang dulunya sehat segar bugar kini harus terbaring lemas di atas tempat tidur.
gue jadi inget waktu itu gue masih tinggal sama nenek, rumahnya masih terbuat dari bambu dan di kelilingi taman taman yang super lebar, yang kalo tersesat di tengah tengah taman bisa2 mati lantaran keabisan darah diisep sama nyamuk yang bejibun.
hidup terasa sangat simple banget waktu itu, kerjaannya setiap pulang sekolah cuma makan mangga, nonton tipi terus maenan kucing.
pokoknya hidup terasa tanpa beban. bahkan berak di celana juga masih dianggap normal. coba kalo sekarang di ruang kuliah berak di celana, bisa2 masuk koran kampus halaman pertama.
dengan tema " seorang mahasiswa yang pup di celana " ga banget...

terkadang gue ngerasa banyak hal yang terlewatkan dalam perjalanan hidup gue dari kecil hingga dewasa.

sebagai penutup gue menyempatkan buat foto sama keponakan2 gue yang unyu unyu.

muka gue ga bisa mengimbangi ke unyuan mereka

disebelah kanan gue namanya rizki, dulu gue sering manggil dia kikil. dia ponakan gue dari anak pertama nenek gue, saudara dari nyokap, ga nyangka sekarang dia udah gede, udah kelas 5 SD, dulu gue sering banget maenan kucing sama dia.
disebelah kiri gue ada winda, wih...dia manis banget, dulu sewaktu gue masih di solo dia masih ileran duduk di sepeda dorong. gue juga sering momong dia waktu kecil. ga gue duga sekarang udah berevolusi jadi calon kembang desa.
anak2 jaman sekarang cepat sekali tumbuh besar.
pasti mereka bangga banget punya om kaya gue, yang ganteng kaya derby romero (NGAREP).
yah, walaupun orang biasa, seenggaknya gue cukup terkenal (dikalangan tukang odong odong).

waktu terkadang terasa sangat kejam, hal yang dulu ga mungkin, sekarang jadi mungkin. menyita banyak kenangan2 indah yang terlewatkan. seandainya gue punya mesin waktu kaya punya doraemon, gue bakal balik ke masa itu buat memberbaiki semuanya.