24/03/12

sineton laga

SINETRON INDONESIA

Ngomongin tentang sinetron di Indonesia memang tidak ada habisnya. Setidaknya di negara kita tercinta ini ada dua stasiun televisi swasta yang sangat massive menayangkan sinetron, tayang nya pun di saat prime time antara jam 19.00 WIB s.d 23.00 WIB, maaf ralat bukan antara jam sekian sampai jam sekian tapi dari jam sekian sampai jam sekian .

Wow.... jatah tayang untuk sinetron lumayan banyak ya, empat jam!. w salut dengan strategi stasiun TV yang menayangkan sinetron di jam-jam tersebut. Lebih salut lagi dengan sinetronnya. Kenapa?. Karena sinetron - sinetron tersebut terbukti memiliki pengaruh yang cukup kuat untuk membuat orang tua terutama ibu, memilih untuk memegang remote erat-erat dan duduk manis di depan TV daripada mendampingi anak-anak mereka belajar padahal esok pagi anaknya harus ulangan. " Mah, Mah...soal yang ini ngerjainnya gimana?", kata anak suatu ketika kepada ibunya yang sedang sibuk nonton sinetron. "Aduh... bentar ya dek nunggu iklan". Ketika iklan "Mah, udah iklan tuh, ini soalnya gimana? adek nggak ngerti..." kata si Adek sambil sedikit merengek. "Bentar dek Sinetron di channel satunya belum iklan, tunggu iklan dong" kata si mama agak kesal, "Aah Mamah tunggu iklan mulu... adek keburu ngantuk", " Makanya kalo di sekolah tuh gurunya di perhatiin baik-baik, biar bisa ngerjain soalnya, udah di kerjain sendiri dulu ntar abis sinetronnya kelar Mama bantuin". Plok,plok,plok standing applause buat sinetron Indonesia yang berhasil bikin seorang anak kehilangan ibunya sendiri.

Kehebatan sinetron berikutnya yang harus di apresiasi adalah, sinetron berhasil bikin kita jadi orang-orang yang pandai menjadi komentator, " Ih itu tuh gimana sih, bego banget deh. Harus nya dia ngomong aja yang sebenernya", kata si A menggebu-gebu. Si B " Ye... kalo dia ngomong entar sinetronnya cepet kelar". "Dasar sutradaranya oon" (Lah kok malah nyalahin sutradara).
Tapi kemaren pas w nonton TV di channel indosiar  ada satu sinetron yang bikin w heran, kalo ga salah judulnya tutur tinular versi 2011.
Kaya gini covernya:

 


 gimana ga heran sob...coba deh lw pikir dijaman semodern ini Ada aja produser  yg mau memproduksi sinetron kaya gitu, itu kan sinetron jadul banget. Udah gitu ga terlalu banyak perubahan dari sinetron yang terdahulu. Coba bandingin sama yang versi jadul:

 


 tetep aja jagoannya mukanya ganteng, terus kalo berantem senjatanya pake pedang kalo ga pake keris, kalo mau pergi kemana mana selalu pake kuda. Cuma bedanya kalo di versi 2011 make up para pemainnya lebih tebel, khususnya buat pemain cewek, butuh sekitar 2 kg bedak buat merias wajah, mereka malah terlihat seperti para pemain pantomime di mata w. sedangkan di versi jadul mereka lebih terlihat natural, karna emang make up nya ga berlebihan jadi di sesuaikan dengan setting jaman dulu.
W jadi ga sabar pengen nonton sinetron “tutur tinular versi 2356” pasti ga ada lagi deh tuh adegan beramtem pake pedang atau keris, pasti udah pake shutgun atau rudal, trus kalo pengen kemana mana pake harley davidson...(lho...ini sinetron tutur tinular apa film terminator sik..???:<)*&%#@. ha...ha...ha...
Mungkin seperti ini kalo di gambarin.

 

Dan setelah w tonton ada beberapa  segmen  yang menurut w agak aneh, tiba2 jiwa detektif  w muncul kepermukaan. W sebagai mahasiswa  advertising di salah satu perguruan rendah yang ada di jakarta  w coba untuk  menganalisa...(emang ada hubungannya..????)
w sendiri juga ga tau....
Pertama : di sinetron tersebut ada seorang yang berperan sebagai mak lampir, gerandong krisna kecil bahkan ada buto ijonya... OH MAE GOT di sini w mulai binggung ini sinetron tutur tinular apa misteri gunung merapi...????%$>:{*& ada urusan apa mereka di sinetron tersebut, apa mungkin karena mereka udah ga laku di layar televisi terus iseng iseng numpang eksis gitu. Kayanya ga mungkin deh.
Ini bukan perkara agama, atau tentang apakah anda nge-fans sama Arya Kamandanu atau kangen sama Mei Shin ataupun sedang selingkuh. Tapi ini tentang pembodohan sejarah secara massive lewat pemblinger’an cerita yang sak penak’e dewe.

Kedua: dan parah lagi Selain banyak tokoh baru yang sebetulnya tak cocok masuk ke kisah Tutur Tinular, nyatanya serial ini disukai penonton dan kini orang juga tak peduli dengan keotentikan cerita. Rating sinetron ini kerap masuk 10 besar dan beberapa kali meraih puncak rating. Padahal sudah jelas ini pembodohan publik.


0 komentar:

Posting Komentar

 
;