24/03/12

kecanduan jejaring sosial






Semasa gue masih bau kencur, masih ingusan, masih ileran kalo baru kenal dengan seseorang pasti ujung2nya yang di Tanya “ btw, nomor hape  kamu berapa,???/ nanti aku miscall ya!!! Nanti aku sms ya!!! Itu adalah obrolan yang paling gaul di masa itu….
Tapi jaman sekarang, dimana ada anak anak kumpul sebentar entah itu cowok atau cewek pasti udah bikin boy band / girl band…
Tapi seiring waktu berjalan jaman sudah berubah, kenalan sama orang yang di Tanya” facebook kamu apaan bro????/ twitter kamu apaan sob???/ pin BB kamu berapa nyet…jangan lupa add w yeah…langsung nari poco poco!!!

Fiuhtt..tenyata akun social udah jadi salah satu idestitas diri, ga cukup apa punya KTP..
Gue mencoba buat mengamati, dulu sewaktu fecebook lahir dan popular dikalangan anak muda muncul juga beberapa akun social lainnya seperti twitter, dan orang bilang fecebook mulai turun pamornya, tapi masih ada aja tuh orang yang rela menyerahkan segala hidup dan waktunya untuk ber facebook2  ria.
Bahkan ada loh orang tua, yang sedang menunggu kelahiran anaknya jauh2 hari udah membuatkan akun social buat anaknya!!!! GUBRAAAKKKK!!! Buat apa coba…

Tapi tau ga sih kalian kalau jejaring social itu punya efek samping, dampak yang di timbulkan ada yang positif ada juga yang negative. Tapi tetep tergantung dari diri kita sendiri mau di manfaatkan untuk apa akun tersebut,selain itu Diperlukan kebijaksanaan dalam penggunaannya.

Disini gue mencoba membahas tentang beberapa kelucuan sebagian orang yang dilakukan di jejaring social fecebook:

1.Gonta ganti foto profil

Foto profil menjadi pencitraan diri seseorang,  dan biasa orang akan memajang foto mereka yang paling mempesona, paling keren, paling cool pokoknya yang menggubrakkan dunia deh…hehehe…
Pose2 yang paling di gemari biasanya, seperti pose jari telunjuktaruh di bibir manyun kaya ikan lohan lagi sariawan, pose lagi motret atau lagi maenan laptop, pose sok cool belaga ga liat kamera,”ini yang paling menjijikan” pose berdua sama pacar lagi suap suapan…cuih...!!!
Ga cukup sampe disitu, setelah mendapatkan pose foto terbaik, mereka akan mencoba meng”EDIT” foto tersebut ehem“seperti yang gue lakukan” hahaha.. supaya terlihat lebih menarik tentunya, mangkanya kalian jangan tertipu liat foto profil yang hanya berukuran 2 × 3 ada cewek cakep, atau cowok ganteng sedikit aja di facebook langsung di add.
Semakin tinggi tingkat ke unyu unyuan foto kita, biasanya ada kepuasan tersendiri buat di jadiin foto profil.


2. Update status setiap hembusan napas.

Mau seneng, mau sedih, mau galau, mau makan ,mau minum, mau kencing, mau pup, mau sehat mau sakit, mau sakaratul maut, mau ngapain aja, pokoknya disetiap gerakan orang lain harus tau. Dan semua hasrat itu di salurkan dengan update status. Orang yang udah kecanduan update status bakal ngalahin jadwal minum obat yang Cuma 3 × sehari, bahkan ngalahin orang yang kecanduan rokok atau narkoba. Pokoknya setiap gerak, setiap moment, setiap liat sesuatu bawaannya udah gatel aja pengen update status. Sehari aja enggak update status pasti ada yang kurang, yang lebih ekstrem lagi kalau yang udah kecanduan dalam kurun waktu 1 × 24 jam ga update, dia bakalan “SAKAU” tingkahnya kranjingan, mulut mengeluarkan busa, mata merah menyala dia akan berusaha bagai mana caranya biar dia bisa mengupdate statusnya, entah dengan meminjam Hp teman buat bikin status atau yang lebih parahnya lagi ngambil duit belanja emaknya, nyopet atau ngerampok bank buat maen warnet hanya untuk sekedar update status...wkwkw (lebeh banget).
Temen2 gue yang ada di facebook statusnya juga aneh aneh…beranda gue isinya Cuma keluhan, kegalauan,curhat, hal2 yang menurut gue ga penting…ada salah satu teman di facebook gue yang mengupdate statusnya seperti ini:

” Aduuuuhhhh!!!!  Kepala q sakit bngt, badan q panas, perut q mual, ingus q naik turun…”

ada juga yang seperti ini:

” aduhhh…!!!sangking ngantuknya, tadi w sampe ketiduran di angkot..wkwkwk!!!!!!!!!!!!”
dan setelah itu gue coba mengomentar.

 “ masih sempet2nya ya update status."

 Atau

" lw curhat”

Dia balik mengomentari dengan nada sewot dan sedikit keabal ababilan.

” yaudah sih FB2 w, suka suka w…!!!!

Gue menghela napas panjang dan Cuma bias geleng geleng kepala…
Dari itu semua gue bisa menyimpulkan, orang yang sudah kronis kecanduan update status dalam situasi dan kondisi apapun itu mau ujan batu, mau ada gempa atau tsunami sekalipun mereka tetap akan bisa mengUPDATE STATUSnya…


3. Nama facebook = ungkapan hati

Ini yang menjijikan, banyak orang yang dengan sengaja membuat nama facebook mereka seperti layaknya orang yang sedang mengungkapkan isi hati. Sering kali gue nemuin nama facebook kaya:

“arul merindukan keluarga” , ” ani cinta adi selamanya”  , ” silvi yang selalu tersakiti” , “ryan love mom” , “icha anak mamah yang rajin, gemar menabung dan tidak sombong”…dll.

APA MAKSUDNYA INI..??????  sebenernya sih sah sah aja, tapi bikin ‘GELI’ tau ga.!!!!


4. Ber foto foto ketepian, nge tag-nge tag kemudian.

Ini yang sering dan kerap terjadi pada anak2 ABG jaman sekarang (termasuk gue) hehehe.. setiap kali ada moment yang menurut mereka sakral akan selalu ada yang namanya sesi potret memotret, misalkan gue ambil contoh, beberapa anak ababil hang out ke mall sama temen2nya rame rame satu Rt. Buat makan2 di suatu restaurant, setelah mereka pesan makanan dan makanan sudah dihidangkan dan siap untuk disantap, biasanya kalau sebelum makankan seharusnya berdo’a dulu ya?

Tapi kalau sudah kecanduan facebook akut hal pertama yang wajib dilakukan adalah berfoto foto ria sama teman2 sebelum makan.
Terus, setelah selesai berfoto foto ria, bukannya berangkat buat nyetak foto malah bikin kegaduhan kecil antar teman, terdengar riuh diantara mereka ngomong

“..eh, yet jangan lupa tag ke gua yah…” bener bener awas lho ya kalo ga di tag…ntar gue bunuh lo…!!!!!!

Dan setelah di tag, dengan bangganya mereka akan koment-komenant..

” ih…yang pake baju merah lucu ya…hehehehe…’iya yah, unyu unyu banget…like this yo….huooookkkk……

Meskipun hal hal seperti di atas itu sangat menggelikan tapi terkadang dan tanpa kita sadari kita juga pernah ngelakuin hal seperti itu…termasuk gue..hehehehe ( nulis sambil garuk garuk pantat)

Untuk yang punya jiwa berdagang, dalam hal tag me nge-tag foto adalah layaknya  suatu ibadah. Kalau perlu semua orang di tag biar tau barang yang di jualnya. Mereka mempunya prinsip semakin  banyak foto yang di tag akan berbanding lurus dengan tingkat amal berbuatan mereka …lho..!!!


5. Koment dan like this membabi buta.


Koment di status orang itu, layaknya kaya orang ngasih sedekah ke orang itu. Apalagi kalau di respons tambah semakin menjadi jadi. Tapi terkadang gue suka kesel kalau koment di status cewek yang sombong, udah di komenint statusnya tapi ga ada respons sama sekali, bikin gondok aja.

satu hal yang terlintas dalam benak gue, ini orang masih idup apa enggak ya????   
Ada juga yang hobi banget like status orang tanpa pandang bulu. Sampe sampe ada temen yang nulis status duka cita, eh ada aja yang like…


Nah, itulah sedikit aib, dari sekian banyaknya aib para fecebooker.  Gue  turut prihatin atas semua itu. Semoga pemuda pemudi Indonesia bisa lebih bijak dalam menggunakan jejaring social.  Dan jangan sampe jadi budak dari salah satu social network. Amit amit jabang kebo.
 Dah segitu aja dulu …tunggu aja postingan gue selanjutnya….salam prikitiuw…






Created by: Artanto®

0 komentar:

Posting Komentar

 
;