01/01/12

Tips mendatangkan ide.

Anda tentu pernah seperti saya dimana kadang mampet buat mencari ide tulisan yang akan anda posting di blog anda, hingga akhirnya kebanyakan mampet blog yang sering saya kunjungi hanya berisi satu atau dua posting saja (ibaratnya cuma buat tugas aja). Mungkin sedikit tips dari saya bisa membantu anda mendatkan ide-ide segar untuk menulis.
1. Jadikan Blog sebagai Hobi atau Sahabat
Jika anda sering melihat kartun captain tsubatsa tentu dia sering berkata: “jadikan bola seperti teman atau sahabat”. Apapun yang anda lakukan jadikanlah itu sebagai hobi, niscaya  anda nantinya akan mendapat  ide-ide segar karena anda mengerjakannya dengan senag dan sepenuh hati.
2. Sering Blogwalking
Apa itu blogwalking? blogwalking adalah mengunjungi blog-blog yang pernah anda kunjungi maupun belum pernah. hal itu akan mendorong anda mendapat inspirasi ketika melihat tulisan dari orang lain. Paling tidak luangkanlah waktu minimal 2 jam untuk sekedar blowalking ini.
3.  Ngobrol atau Interaksi dengan orang lain
Meskipun anda hobi internet ria, jangan lupakan juga keadaan sekitar anda. Anda bukanlah makhluk individu. Cobalah berinteraksi  ketika bertemu dengan orang yang anda kenal ataupun tidak. Sebagai contoh ketika anda sedang di bus, cobalah sapa orang di sebelah anda, dan cobalah berinteraksi dengan dia. Dari obrolan tersebut mungkin nantinya bisa dijadikan inspirasi menulis anda.
4. Dari suatu peristiwa
Wah apa itu? setiap hari kita dihadapkan dengan suatu peristiwa dalam hidup kita. Peristiwa ini bisa jadi akan membawa inspirasi menulis bagi anda. Sebagai contoh blog milik Raditya Dika, di blognya ia menulis semua kesehariannya. Mungkin anda bisa mencontoh blogger senior kita ini.
5. Banyaklah membaca
Inilah sumber menulis yang paling  baik, karena tentu anda tahu bahwa buku adalah jendela dunia. Coba luangkan waktu minimal 4 jam untuk membaca. Jangan pernah memilih dalam membaca, meskipun itu hanya sebuah majalah. disamping anda mendapat inspirasi menulis, tentunya ilmu anda akan terus bertambah. Ibaratnya, sambil menyelam minum air.
6.  Jalan-jalan
Mungkin hal satu ini yang paling menyenangkan. Hampir setiap orang menyukai hal yang satu ini. Coba luangkan minimal 1 jam untuk melakukan hal ini, meskipun hanya sekedar shooping, makan, atau tamasya. Siapa tau di tempat itu anda mendapatkan inspirasi untuk menulis.
7. Ibadah
Lho apa hubungannya menulis  dengan ibadah? ada keterkaitannya lho. Ibadah yang anda lakukan dengan benar, baik, serta teratur hal ini akan menyegarkan dan menyucikan hati anda. Hati yang segar dan suci adalah tempat bersarangnya inspirasi. Ibadah adalah tips terakhir yang saya berikan tapi paling pamungkas seperti Gonzales dan Irfan bagi Timnas Indonesia…hehehehe

1 komentar:

Posting Komentar

 
;